Monday, June 25, 2007

Cara Ganti Oli

Buat perawatan motor, ganti oli adalah hal yang paling penting, terutama untuk motor 4 tak yang kebanyakan ada di dunia. Motor 2 tak kebanyakan udah nggak dibikin lagi sama pabrik. Apalagi udah ada standar euro II.
Cara ganti oli yang disarankan :

1. Ganti oli pada saat kondisi mesin panas, tujuannya agar oli mudah mengalir pada kondisi panas.
2. Ganti oli nggak usah nunggu semalaman dikuras, hal ini tidak terlalu berpengaruh, apalagi kita memerlukan waktu itu untuk aktivitas.
3. Pilih oli yang cocok untuk jenis motor kita, mau sintetis atau bukan, sama aja. Zaman sekarang kebanyakan oli sudah disesuaikan dengan kondisi motor kita. Jadi belum tentu oli sintetis bikin slip kopling. Tapi jangan pake oli sintetis buat mobil karena oli tersebut tidak dapat melumasi bagian transmisi.
4. Waktu oli dikuras, nggak usah disemprot kompresor, hal ini tidak terlalu berpengaruh apalagi dikhawatirkan angin kompresor tersebut mengandung air.

Semoga berguna buat bikers semua.

2 comments:

virus cinta said...

saya punya teman punya mio,saat dia ganti oli girbok kadang2 pake oli Gardan Mobil,yang saya tanyakan boleh ngk make oli Gardan Mobil,terus oli apa yang baik untuk mio.tolong sarannya saya tunggu di email saya ( Candra.Diarta@yahoo.co.id )

Henry Soegiarto said...

saya mau tanya, ttg oli. Apa sih artinya SAE 20 / 50, SAE 10/40 dll? Thx